Cara Menginstal Moodle di XAMPP (Bagian 4)

  • Whatsapp
instal moodle di xampp

APPASIH.com – Akhirnya kita sampai di bagian terakhir pembahasan tentang Bagaimana Cara Menginstal Moodle di XAMPP. Setelah sebelumnya kita mengupas tuntas mulai dari nol proses instal Moodle di XAMPP, sekarang waktunya untuk Finishing.

Persiapan

Pada bagian ini kita akan melakukan konfigurasi akhir instal Moodle di XAMPP. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bagian ini bisa dikatakan adalah bagian yang paling enak dan gampang. Kita hanya tinggal klik klik saja sambil mengisi beberapa formulir yang sudah disediakan. Kita juga tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti pada bagian sebelumnya. Namun ada baiknya siapkan Notepad juga untuk catatan karena kita akan mengisi beberapa formulir yang penting. Oke tanpa panjang lebar langsung saja kita eksekusi

Baca Juga:

Alat dan Bahan

  1. XAMPP : jalankan servis Apache dan MySQL
  2. Notepad : untuk catatan
  3. Browser : untuk mengakses Moodle

Langkah – langkah Instalasi

Pada bagian ke tiga kita disajikan tampilan seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Instalasi suskes Moodle

Pada tampilan di atas terlihat bahwa indikator dengan warna Hijau terlihat banyak yang artinya bahwa instalasi komponen – komponen Moodle di XAMPP berhasil. Kita klik Continue untuk melanjutkan.

Selanjutnya adalah tampilan untuk konfigurasi akun Administrator. Pada bagian ini silakan siapkan Notepad untuk mencatat isian yang kita masukkan di formulir seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Setting akun Administrator Moodle

Ada beberapa isian yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Username : adalah Nama Pengguna yang akan kita gunakan saat Login dengan status Administator. Silakan isi dengan “admin” agar mudah diingat dan jangan lupa catat di Notepad atau catatan lain.
  2. New password : adalah Kata Kunci yang digunakan saat Login dengan status Administrator di atas. Silakan isi dengan karakter yang mudah diingat namun aman dengan cara Klik di tulisan Click to enter text dan mulailah mengetikkan password. Aman dalam hal ini sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh Moodle yaitu password harus mengandung Huruf Besar dan kecil, Angka, dan karakter khusus serta lebih dari atau delapan digit. Jangan lupa catat baik – baik.
  3. First name : adalah Nama Depan dari akun Administrator tadi. Inilah mengapa pada kolom Username tadi sebaiknya kita isi dengan “admin” saja dan pada kolom inilah baru kita isi dengan nama atau karakter yang biasa digunakan.
  4. Surname : adalah Nama Keluarga atau bisa dikatakan nama lengkap. Surname tidak akan ditampilkan pada Dashboard umum. Hanya First name yang akan muncul di Dashboard umum. Ketika klik detail akun, baru akan muncul semuanya secara lengkap termasuk Surname.
  5. Email address : adalah alamat email yang kita gunakan. Moodle akan mengirim notifikasi penting ke alamat email yang kita isikan ini. Oleh karena itu pastikan alamat emailnya aktif. Namun karena dalam hal ini kita masih di lokal host maka Moodle tidak bisa mengirim notifikasi ke email kita.

Oke itu sementara itu saja untuk isian yang perlu diperhatikan dan dicatat. Untuk isian Select a country bisa diisi dengan Indonesia. Kemudian Timezone bisa diisikan Asia/ Jakarta jika diperlukan. Klik Update profile untuk lanjut ke proses berikutnya dan akan tampil seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Setting untuk Front Page Moodle

Baik, sekarang adalah pengaturan untuk Front Page atau Halaman Depan Moodle. Setidaknya ada empat kolom isian yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Full site name : adalah Nama Situs Moodle kita yang akan tampil di Dashboard. Silakan isikan sesuai selera.
  2. Shot name for site : adalah Nama Pendek untuk situs Moodle kita. Silakan isikan sesuai selera.
  3. Default timezone : Isikan dengan Zona waktu tempat kita berada.
  4. No-reply address : Isikan dengan alamat email kita, usahakan email yang masih aktif.

Klik Save Changes untuk menyimpan komfigurasi dan melanjutkan proses dan lihat apa yang terjadi.

Tara.. kita sudah sampai pada tampilan Dashboard Moodle seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Tampilan Dashboard setelah Login Moodle

Inilah tampilan Dashboard setelah Login Moodle. Bagaimana, lumayan banyak ya menu dan tombol yang tersedia. Bisa dilihat bahwa menu dan tombol terbagi menjadi beberapa blok. Tentu ini mempunyai fungsi masing – masing yang akan kita kupas tuntas di artikel selanjutnya. Coba kita klik Navigasi User di sebelah kanan atas yang ada gambar avatarnya bertuliskan Admin User dan pilih Log Out. Tampilan akan berubah seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Tampilan Dashboard sebelum Login Moodle

Nah beginilah tampilan Dashboard sebelum Login Moodle. Tampilan inilah yang akan dilihat oleh netizen ketika masuk ke situs Moodle kita jika sudah kita online kan. Karena masih berada di lokal host maka hanya kita yang bisa mengaksesnya. Tampilan ini masih default atau bawaan standar Moodle. Ke depan kita akan mengubah temanya menjadi lebih cantik dan kekinian. Pada artikel bagian awal tentang Kelebihan Moodle, sudah kita bahas bahwa Moodle menyediakan banyak tema yang Bagus dan Gratis.

Oke, akhirnya selesai sudah pembahasan kita tentang Cara Menginstal Moodle di XAMPP. Cukup panjang dan tentunya banyak hal baru yang ditemukan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa sebarkan artikel ini sebanyak – banyaknya agar semakin bermanfaat. Selanjutnya kita akan membahasa tentang Cara Ubah Tema Moodle Gratis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments