Cara Mendapatkan Moodle Hosting Free Gratis

  • Whatsapp

APPASIH.com – Bagaimana Cara Mendapatkan Moodle Hosting Free Gratis? Memangnya ada? Jelas ada. Berikut cara singkat Mendapatkan Hosting Moodle Free Gratis tahun ini versi Appasih.com

Apa itu Hosting?

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat untuk penyimpanan segala macam kebutuhan sebuah website. Hosting diperlukan agar website dapat online dan mengudara di dunia internet. Jika sebuah website sudah online, maka sudah tentu dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Inilah salah satu fungsi hosting.

Bagaimana Cara Mendapatkan Hosting?

Pada umumnya kita harus menyewa. Sewa hosting ibarat “sewa tanah di dunia maya”. Kepada siapa harus sewa? Kepada provider atau penyedia hosting. Provider hosting sudah banyak dijumpai saat ini. Apalagi sejak ada Pandemi, banyak promo menarik dari penyedia hosting karena semua hal beralih ke digital secara besar – besaran. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa penyedia hosting yang disewa harus berkualitas dan terpercaya.

Hosting Moodle Free

Pengertian Hosting Moodle

Hosting Moodle adalah hosting khusus yang sudah berisi perangkat lunak Moodle siap pakai. Jika hosting pada umumnya masih kosong dan bebas diisi aplikasi apapun, hosting Moodle khusus berisi aplikasi Moodle. Kita tidak perlu repot menginstall Moodle pada hosting ini karena sudah siap pakai.

Lalu mengapa tidak memakai hosting biasa kemudian diinstall Moodle? Pertanyaan menarik. Perlu diketahui bahwa beberapa hosting Tidak Memperbolehkan untuk digunakan sebagai E-Learning salah satunya Moodle. Mengapa? Karena penggunaan hosting untuk E-Learning memakan sumber daya yang cukup besar. Ini akan mengganggu pengguna lain sesama penyewa hosting. Jika kita menyewa sebuah hosting, perhatikan ada peringatan seperti di bawah ini atau tidak tidak. Jika ada, maka jangan coba – coba melanggarnya :

Moodle Hosting Free Gratis
Pelarangan E-Learning di hosting

Provider Hosting Moodle Free

Bagaimana Cara Mendapatkan Hosting Moodle Free Gratis? Kok bisa gratis? Apakah data kita aman? Pasti pertanyaan – pertanyaan ini muncul di awal. Apa iya, ada provider hosting gratis beneran, apa nggak rugi ya providernya dan bla bla bla. Mari kita bahas satu persatu.

Ada satu penyedia hosting Moodle bernama Gnomio. Ada yang pernah dengar? Ya, Gnomio adalah salah satu provider yang menyediakan layanan hosting Moodle Free Gratis, lebih tepatnya sih gratis secara cuma – cuma. Mengapa hanya secara cuma – cuma? Ya iyalah, secara mereka menyediakan layanan kan juga membutuhkan insfrastruktur, nggak mungkin 100% “gratis”, pasti ada feedback yang mereka harapkan. Oleh karena itu mari kita review tentang Gnomio.

Mengenal Gnomio

Gnomio dapat diakses melalui situs gnomio.com. Tampilannya kurang lebih seperti ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Tampilan Gnomio. Sumber : gnomio.com

Sebelum membahas tentang teknis, kita bahas tentang tiga hal penting yaitu :

  1. Term Of Service : Ketentuan Layanan
  2. Pricing atau Plan : Harga
  3. Closures, deactivations and deletions : Klausa, Deaktivasi dan Penghapusan.

Perlu dipahami bahwa semua ketentuan bisa berubah sewaktu – waktu. Silakan Scrool ke bawah untuk melihat dua bagian penting ini.

Term Of Service (TOS) Gnomio

Lihat bagian TOS Gnomio seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
TOS Gnomio. Sumber : gnomio.com

Jika diartikan kurang lebih seperti di bawah ini :

  • Kami tidak menjual data Anda kepada siapa pun. Kami tidak mengirim email yang tidak diminta. Anda dapat meminta penghapusan situs Anda kapan saja.
    • Intinya, data kita tidak akan dijual oleh pihak Gnomio. Kita juga tidak akan mendapatkan email spam dari Gnomio.
  • Anda tidak dapat menjual hosting kami, tetapi Anda dapat menjual akses ke kursus Anda sendiri.
    • Kita dilarang untuk memperjualbelikan layanan hosting Gnomio, tapi kita dapat menjual konten atau akses kursus didalam Moodlenya.
  • Jika Anda menggunakan hosting gratis kami, maka situs Anda harus mematuhi kebijakan konten Google AdSense.
    • Nah, ini bagian yang penting. Jika kita menggunakan layanan gratis Gnomio, maka di tampilan Moodle kita akan tampil iklan karena di dalam situs Gnomio terdapat Google Adsense.
  • Setiap penyalahgunaan sumber daya kami, distribusi konten berhak cipta yang tidak sah, praktik peretasan, spamming, dan aktivitas ilegal lainnya dilarang.
  • Kami berhak menutup situs apa pun yang dihosting di server kami untuk aktivitas tersebut atau untuk publikasi konten yang tidak pantas.
  • Ini adalah layanan yang terutama ditujukan untuk sekolah dan institusi kecil di negara berkembang atau negara berkembang. Jika Anda adalah warga negara Eropa, Anda harus memastikan bahwa situs Anda mematuhi hukum Eropa. Moodle menyediakan beberapa alat yang dapat membantu Anda.

Pricing atau Plan Gnomio

Lihat bagian Plan Gnomio seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Plan Gnomio. Sumber : gnomio.com

Lihat bagian Shared Hosting Free (layanan gratis). Layanan yang didapatkan adalah sebagai berikut :

  • 500 user atau pengguna yang dapat dimasukkan ke Moodle
  • 50 user atau pengguna yang dapat aktif secara bersamaan (concurrent) di Moodle
  • 50 kursus
  • Kapasitas maksimal 2Gb
  • Ukuran file yang dapat diupload maksimal 100Mb
  • Dukungan email
  • Iklan dari Google Adsense akan muncul di Moodle

Closures, deactivations and deletions Gnomio

Lihat bagian Closures, deactivations and deletions seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Closures Gnomio. Sumber : gnomio.com

Jika diartikan kurang lebih sebagai berikut ini :

  • Jika Anda menggunakan paket gratis kami dan situs Anda tidak sesuai dengan batasannya, maka secara otomatis akan dimasukkan ke mode pemeliharaan. Jika pelanggaran berulang kali terjadi, situs tersebut akan dihapus tanpa pemberitahuan lebih lanjut. Anda dapat memeriksa kepatuhan Anda pada halaman notifikasi di area administrasi situs Anda.
  • Situs tidak terpakai yang dihosting di layanan gratis kami akan secara otomatis dinonaktifkan setelah satu bulan tanpa akses yang valid atau hanya satu minggu jika situs dianggap kosong (Tidak ada kursus yang telah dibuat dan tidak ada pengguna baru yang ditambahkan).
  • Situs yang dinonaktifkan akan dihapus secara permanen dan permanen dari cadangan kami tiga bulan kemudian.

Demikianlah tiga hal penting yang harus dicermati sebelum menggunakan layanan hosting gratis di Gnomio. Intinya adalah, user dan kapasitas dibatasi, serta muncul iklan di halaman Moodle kita.

Bagaimana Cara Mendapatkan Hosting Moodle Free Gratis?

Sekarang kita bahas tentang cara mendaftar di Gnomio untuk mendapatkan osting Moodle Free gratis. Sebelum melakukan pendaftaran, silakan siapkan email aktif.

Pertama, masuk ke situs resmi Gnomio. Pada bagian Header, terdapat formulir pendaftaran. Isi formulir pendaftaran seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Pengisian formulir Gnomio. Sumber : gnomio.com

Pembahasannya :

  1. Nama situs yang akan digunakan
  2. Email aktif untuk pengiriman informasi user Administrator
  3. Bahasa yang akan digunakan di Moodle
  4. Centang untuk konfirmasi persetujuan ketentuan layanan Gnomio yang sudah dibahas di atas.

Klik Create Site untuk membuat situs hosting Moodle Free. Jika berhasil, akan muncul notifikasi seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Tampilan sukses pembuatan situs di Gnomio. Sumber : gnomio.com

Selanjutnya buka email yang sudah digunakan untuk mendaftar di Gnomio tadi. Pasti sudah ada email dari Gnomio seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Email dari Gnomio.

Buka email tersebut seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Email dari Gnomio

Dapat dilihat, situs Moodle kita sudah tercipta beserta informasi user dan password Administrator. Klik alamat situs kita maka akan muncul halaman situs seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Dashboard situs Moodle di Gnomio

Jika kita coba klik Login (sebelah kanan atas) maka tampilan akan beralih ke halaman Login. Gunakan user dan password yang sudah dikirm ke email kemudian klik Login seperti di bawah ini :

Moodle Hosting Free Gratis
Login ke Moodle

Surprice, kita sudah mempunyai situs Moodle sendiri hanya dengan modal email. 100% Gratiss.

Moodle Hosting Free Gratis
Dashboard Admin Moodle

Oke sekian dulu pembahasan tentang Cara Mendapatkan Hosting Moodle Free Gratis. Share artikel ini sebanyak – banyaknya agar lebih bermanfaat dan simak terus artikel tentang Moodle lainnya hanya di Appasih.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *