Cara Menginstal XAMPP di Windows

  • Whatsapp
cara menginstal xampp

APPASIH.com – Pada artikel ini kita akan membahas hal yang bisa dikatakan Mudah yaitu Cara Menginstal XAMPP di Windows. Banyak yang sudah tau tentang cara ini, namun bagi pemula tentu hal ini perlu dibahasa lebih lanjut agar dapat menjadi panduan.

Persiapan

Pada artikel lain bab Cara Menginstal Moodle di Laptop sudah pernah dibahas sekilas tentang XAMPP. XAMPP berasal dari projek Apache. XAMPP merupakan aplikasi yang menyediakan paket berupa web server Apache, database MySQL/ MariaDB, dukungan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Dengan menginstal XAMPP kita sudah mendapatkan beberapa paket tersebut. Fungsi XAMPP dikhususkan untuk mesin yang berjalan di lokal atau offline, meskipun bisa juga dibuat online dengan metode tertentu.

Nah, sebenarnya apa fungsi utama XAMPP? Jadi, jika kita ingin mencoba sebuah aplikasi yang berbasis web tentu kita membutuhkan yang namanya web server berikut kelengkapannya termasuk database. Apa itu aplikasi berbasis web? Aplikasi bebrbasis web adalah aplikasi yang diakses menggunakan browser atau peramban seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, Microsoft Edge, UC Browser, dan lainnya. Berarti website yang kita akses setiap hari seperti Facebook, Youtube, termasuk yang sedang kita baca ini APPASIH.com merupakan aplikasi berbasis web? Ya, tentu. Semua itu adalah aplikasi yang berbasis web, ada web servernya dan ada databasenya yang disimpan di suatu tempat. Begitulah gambaran sederhana seperti apa aplikasi berbasis web itu.

Oleh karena itu, misal kita punya sebuah aplikasi berbasis web yang mungkin diperoleh dari internet atau dari mana pun, aplikasi tersebut dapat kita coba di XAMPP. Baik, langsung saja kita mulai pembahasan teknis tentang Cara Menginstal XAMPP di Windows.

Alat dan Bahan

  1. Aplikasi XAMPP
  2. Browser
  3. Sistem Operasi Windows

Langkah Pertama – Download

Langkah pertama adalah download XAMPP terlebih dahulu. Kunjungi situs Download XAMPP kemudian klik menu Download seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Tampilan download xampp

Selanjutnya pilih versi XAMPP yang akan di download. Sesuaikan dengan Sistem Operasi masing – masing, apakah 64bit atau 32bit. Kita coba pilih versi XAMPP 7.4.x.x dengan arsitektur 64bit. Klik untuk Download :

cara menginstal xampp
Tampilan download xampp

Tunggu hingga proses download selesai :

cara menginstal xampp
Proses download xampp

Jika proses download sudah selesai, buka file hasil download. Sudah kita peroleh sebuah file XAMPP seperti di bawah ini dan klik dua kali untuk memulai instalasi :

cara menginstal xampp
File hasil download xampp

Langkah Kedua – Instalasi

Jika muncul dialog konfirmasi, maka klik Yes seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Dialog konfirmasi instal xampp

Kemudian jika muncul dialog yang kedua, klik OK seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Dialog konfirmasi instal xampp

Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Selanjutnya kita klik Next saja dengan posisi semua komponen tercentang, artinya kita akan menginstal semua komponen bawaan dari XAMPP seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Selanjutnya adalah posisi atau letak instalasi folder. Biarkan default bawaan saja yaitu di Drive C:\xampp. Kita klik Next saja untuk melanjutkan :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Untuk bahasa biarkan terpilih English dan klik Next :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Oke, kita klik Next untuk memulai instalasi :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Klik Next untuk melajutkan instalasi :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Tunggu hingga proses instalasi selesai :

cara menginstal xampp
Tampilan proses instal xampp

Nah, setelah proses instalasi selesai kita klik Finish dengan posisi tercentang pada bagian “Do you want to start the Control Panel now?“. Artinya kita akan langsung menjalankan aplikasi XAMPP :

cara menginstal xampp
Tampilan instalasi xampp

Langkah Ketiga : Memulai Aplikasi

Setelah proses instalasi selesai dan saat kita membuka aplikasi XAMPP untuk pertama kali biasanya akan muncul dialog konfirmasi sebanyak dua kali. Klik Allow Access semua seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Dialog konfirmasi servis xampp

Nah, selanjutnya akan muncul tampilan XAMPP Control Panel seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Tampilan Control Panel xampp

Setidaknya ada lima servis yang disediakan oleh XAMPP dengan fungsi masing – masing yaitu Apache, MySQL, FileZilla, Mercury, Tomcat. Apakah semua servis harus dijalankan? Tidak juga. Pada umumnya kita hanya memerlukan dua servis untuk menjalankan sebuah aplikasi berbasis web di XAMPP yaitu :

  1. Apache : berfungsi sebagai servis web server
  2. MySQL : berfungsi sebagai servis database

Untuk mejalankan kedua servis tersebut kita hanya perlu klik Start seperti tampilan di atas. Dan, selesai sudah Menginstal XAMPP di Windows beserta cara menjalankannya.

Selanjutnya, untuk memastikan bahwa XAMPP beserta servisnya berjalan dengan baik, kita buka salah satu browser. Pada kesempatan kali ini akan kita contohkan menggunakan Google Chrome. Pada Address Bar kita ketik : “localhost” kemudian tekan Enter pada keyboard seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Cara mengakses xampp

Jika servis XAMPP berjalan dengan baik, maka akan muncul tampilan Dasboard XAMPP seperti di bawah ini :

cara menginstal xampp
Tampilan Dashboard xampp

Kesimpulan

Cara Menginstal XAMPP di Windows sangat mudah. Adapaun proses secara garis besarnya adalah :

  1. Download XAMPP
  2. Proses Instalasi XAMPP
  3. Cara Menjalankan XAMPP

XAMPP dapat digunakan untuk mencoba aplikasi berbasis web yang terletak di lokal komputer. Sehingga kita bisa memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan baik sebelum diletakkan di jaringan interlokal atau online.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *