Cara Menginstal Moodle di XAMPP (bagian 1)

  • Whatsapp
instal moodle di xampp

APPASIH.com – Oke kali ini kita sudah masuk ke tahap teknis tentang Moodle. Sebelumnya kita sudah mengetahui tentang seluk beluk Moodle mulai dari Apa itu Moodle, Kelebihan Moodle, Fitur Moodle, dan Cara instal Moodle di Laptop. Sekarang kita akan coba Menginstal Moodle di XAMPP dengan Sistem Operasi Windows.

Persiapan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di Cara Instal Moodle di Laptop bahwa XAMPP merupakan aplikasi yang menyediakan paket lengkap berupa web server, database, dan dukungan bahasa pemrograman. Nah, sedangkan Moodle sendiri dibuat dengan bahasa pemorgraman PHP seperti pembahasan artikel sebelumnya tentang Apa itu Moodle. Sampai disini mulai kebayang ya, mengapa kita menggunakan XAMPP untuk menginstal Moodle. Jelas, karena XAMPP mempunyai paket yang dibutuhkan oleh Moodle untuk menunjukkan penampakannya. Paket tersebut adalah web server Apache, database MySQL atau MariaDB, dan bahasa pemorgraman PHP.

Baca Juga:

Alat dan Bahan

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Aplikasi XAMPP : dapat di download di situs resmi XAMPP
  2. File instalasi Moodle : dapat di download di situs resmi Moodle

Langkah Instalasi

Pertama, instal terlebih dahulu aplikasi XAMPP pada komputer atau laptop kita. Cara instalasi dapat dilihat pada artikel tentang Cara Instal XAMPP di komputer. Sehingga pada artikel ini dianggap XAMPP sudah terinstal di komputer ya. Setelah XAMPP terinstal, buka control panel XAMPP dan jalankan service Apache web server dan MySQL dengan menekan tombol Start seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp- mengaktifkan apache dan mysql
Mengaktifkan Apache dan MySQL

Nah, setelah tombol Start ditekan biasanya akan muncul tulisan apakah XAMPP berhasil dijalankan atau tidak. Jika selama proses instalasi XAMPP tidak ada masalah, biasanya ketika Control Panel XAMPP dibuka kemudian dijalankan service Apache dan MySQLnya pasti akan berhasil. Bagaimana cara mengetahui apakah Apache dan MySQL berhasil berjalan atau belum? Dapat dilihat tampilan dibawah ini ada tulisan “running” itu menunjukkan kalau service berhasil dijalankan.

cara menginstal moodle di xampp - cek status apache dan mysql
Cara cek status Apache dan MySQL

Oke, XAMPP sudah siap. Sekarang kita beralih ke Moodle. Kita awali dengan download Moodle terlebih dahulu di situs resmi Moodle. Perlu diingat bahwa pada saat artikel ini ditulis, Moodle sudah sampai ke versi 3.9. Ketika kita buka situs download resmi Moodle pasti akan diarahkan untuk download file instalasi yang terbaru. Tampilan download Moodle 3.9 kurang lebih seperti di bawah ini. Klik saja tulisan MOODLE yang ada di dalam kotak warna untuk download.

cara menginstal moodle di xampp - download moodle
Download Moodle. Sumber : moodle.org

Setelah itu akan diarahkan ke halaman download Moodle. Kita pilih versi yang terbaru yaitu 3.9.2+. Kita juga bisa download versi sebelumnya yang terletak di bawah versi terbaru secara berurutan ke bawah, jadi semakin ke bawah semakin tua versinya. Kita pilih dan klik Download versi terbaru atau teratas dengan jenis file Zip seperti tampilan di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp - download moodle
Download Moodle. Sumber : moodle.org

Setelah klik, tunggu hingga proses download selesai. Setelah itu buka file hasil download kemudian klik kanan – Extract here. Kita akan mengekstrak file Moodle yang akan digunakan untuk instal Moodle di XAMPP. Tampilan kurang lebih seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp - ekstrak file hasil download
Cara Ekstrak file hasil download Moodle

Tunggu proses ekstraksi selesai. Setelah itu kita akan mendapatkan Folder hasil ekstrak yang berisi file instalasi Moodle. Folder hasil ekstraksi biasanya bernama “moodle”. Selanjutnya kita pindahkan Folder tersebut ke Folder XAMPP yang terletak di Drive : C. Untuk memindah Folder kita Klik Kanan Folder moodle tadi kemudian pilih Cut seperti tampilan di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp - memindahkan folder moodle
Memindahkan folder hasil ekstraksi

Setelah itu kita pergi ke Folder instalasi XAMPP. Folder default atau bawaan XAMPP ini terletak di Drive atau Local Disk : C/XAMPP. Jika bingung maka klik saja Local Disk : C kemudian cari Folder XAMPP seperti tampilan di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp - Membuka file instalasi XAMPP
Membuka file instalasi XAMPP

Masuklah ke Folder XAMPP tersebut dengan cara klik dua kali Forlder XAMPPP kemudian cari Folder htdocs. Jika Folder htdocs sudah ketemu, masuklah ke dalam Folder tersebut dengan cara klik dua kali Folder htdocs.

cara menginstal moodle di xampp - membuka folder htdocs
Membuka folder htdocs xampp

Nah, kita akan meletakkan Folder moodle tadi kedalam Folder htdocs ini. Caranya cukup klik kanan di dalam Folder htdocs kemudian pilih Paste. Tunggu proses pemindahan sampai selesai. Tampilan kurang lebih seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp - meletakkan folder moodle di htdocs xampp
Meletakkan folder moodle di htdocs xampp

Bagaimana, sampai di sini apakah sudah merasa kesulitan? hehe. Memang aturan instalasi menggunakan XAMPP adalah seperti ini. Jika ke depan kita akan menginstal aplikasi apapun menggunakan XAMPP, maka Folder htdocs adalah kuncinya karena semua file instalasi harus diletakkan di satu Folder tersebut. Ingat ya, “htdocs“.

Oke setelah proses pemindahan folder selesai, kita siap untuk melakukan instal Moodle di XAMPP. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya tentang Apa itu Moodle bahwa Moodle adalah aplikasi client server yang diakses menggunakan browser atau peramban. Oleh karena itu segala proses konfigurasi akan menggunakan browser. Silakan buka browser favorit masing – masing. Pada artikel ini kita gunakan Google Chrome.

Pada bagian Adress bar kita ketik saja : localhost/moodle kemudian tekan Enter pada keyboard. Tampilan akan muncul kurang lebih seperti di bawah ini :

cara meginstal moodle di xampp - Mengakses moodle di browser
Mengakses moodle di browser
cara menginstal moodle di xampp
Tampilan awal proses instal moodle xampp

Nah, kita belum bisa melanjutkan proses instal Moodle di XAMPP karena kita belum menyiapkan database untuk Moodlenya. Apa itu database? akan kita bahas di artikel lain. Intinya database adalah tempat data inti disimpan. Cara menyiapkan database cukup mudah. Kita tinggal membuka tab baru di browser kemudian ketik saja : localhost/phpmyadmin kemudian tekan Enter pada keyboard. Tampilan akan muncul kurang lebih seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Cara membuka panel Phpmyadmin

Selanjutnya kita buat database baru dengan cara klik New di sebelah kiri atas. Kemudian pada kolom Create database kita isikan nama database yang akan dibuat. Ketik saja : moodle, setelah itu kita klik Create. Tampilan kurang lebih seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp - membuat database di phpmyadmin
Cara membuat database di Phpmyadmin

Setelah database terbuat, dapat kita liha di sebelah kiri ada database dengan nama “moodle” sesuai dengan yang kita buat. Tampilan kurang lebih seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Tampilan database moodle telah terbuat

Oke, sekarang kita kembali ke tab instalasi Moodle tadi. Proses Instal Moodle di XAMPP kini sudah siap kita lanjutkan. Agar tidak terlalu panjang dan mudah dipahami maka proses instalasi akan kita lanjutkan di Cara Menginstal Moodle di XAMPP (bagian 2)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments