Cara Menginstal Moodle di XAMPP (Bagian 3)

  • Whatsapp
instal moodle di xampp

APPASIH.com – Bagaimana, masih stay tune nyimak soal Cara Menginstal Moodle di XAMPP ya? Pada bagian ke tiga ini adalah bagian yang agak menantang karena kita harus membereskan beberapa pesan eror yang muncul saat instal Moodle di XAMPP. Seperti yang sudah disampaikan pada bagian ke dua, hal ini tidak menjadi apa karena di APPASIH.com akan dikupas tuntas secara perlahan dan jelas.

Persiapan

Sebelum kita bahas lebih detail, perlu diketahui bahwa pada bagian ini kita tidak akan menggunakan perangkat lunak atau software tambahan. Kita coba manfaatkan semua fasilitas bawaan Sistem Operasi untuk konfigurasi pada saat menginstal Moodle di XAMPP. Nah, apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan?

Baca Juga:

Alat dan Bahan

Ada tambahan alat dan bahan pada bagian ini yaitu :

  1. XAMPP : jalankan servis Apache dan MySQL.
  2. Notepad : software untuk editing teks yang multi fungsi untuk konfigurasi file – file instalasi. File – file instalasi ini berisi kode – kode program yang agak sulit dimengerti.

Langkah – langkah Instalasi

Baik, langsung saja Cap Cus ke TKP. Di bagian ke dua, terakhir muncul beberapa pesan eror baik yang berwarna Merah atau Kuning. Tampilan eror terakhir kurang lebih seperti di bawah ini :

cara mengintal moodle di xampp
Tampilan eror saat instal moodle di XAMPP

Setidaknya ada delapan eror yang muncul. Lalu apa maksud dari warna eror tersebut? Mari kita bahasa satu persatu :

  • Warna Merah : sifat pesan eror ini adalah Wajib, artinya Harus dibereskan terlebih dahulu
  • Warna Kuning : sifat pesan eror ini adalah Saran, artinya lebih baik dibereskan. Namun jika tidak dibereskan tidak apa – apa
  • Warna Hijau : sifat pesan eror ini adalah OK, artinya beres.

Mengatasi Eror 1 – Database

Akan coba kita bereskan semua pesan eror tersebut agar maksimal. Kita mulai dari eror yang pertama yaitu :

cara menginstal moodle di xampp
Tampilan eror database

Jika dilihat dari gambar di atas, informasi eror yang ditampilkan sebenarnya sudah lengkap. Pesan eror terbagi menjadi beberapa kolom penting yaitu :

  1. Name : menampilkan nama komponen yang eror
  2. Information : menampilkan informasi lanjutan dari nama komponen yang eror
  3. Report : menampilkan deskripsi eror yang terjadi. Dari kolom inilah kita tahu apa yang harus dilakukan
  4. Status : menampilkan status eror. Harus di Cek (Check) atau bagaimana ditambah dengan indikator Warna apakah Merah, Kuning, atau Hijau.

Oke coba kita bahas eror yang pertama ini yaitu :

  1. Name : database
  2. Information : MySQL – MariaDB
  3. Report : you need to change it in your config.php file, from “mysql” to “mariadb” Artinya – Anda harus mengubahnya di berkas config.php, dari “mysql” ke “mariadb
  4. Status : Check – Merah, Artinya – Harus diperbaiki

Baik sudah jelas bahwa kita harus mengubah file config.php, kita buka file tersebut, kemudian kita cari konfigurasi “mysql” diubah menjadi “mariadb“. Caranya adalah, pertama kita buka file config.php yang terletak di C://xampp/htdocs/moodle/config.php seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Letak file config.php Moodle

Untuk mengubah file tersebut, kita gunakan perangkat lunak bawaan Sistem Operasi Windows yaitu Notepad. Klik Start – Accessories – Notepad seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Cara membuka Notepad

Sudah terbuka folder berisi file config.php dan Notepad. Selanjutnya kita Drag file config.php ke Notepad seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Drag dile config.php ke Notepad

Cara lain selain Drag adalah buka lewat Notepad, klik File – Open, cari dan pilih file config.php. Kita ubah tulisan “mysql” menjadi “mariadb” seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Mengubah jenis database di file config.php

Oke, hanya begitu saja untuk membereskan eror yang pertama ini tentang konfigurasi database. Jangan lupa simpan hasil editing konfigurasi tersebut di Notepad dengan cara Klik File – Save. Beres deh, mudah kan.

Mengatasi Eror 2 – Php Extension INTL

Eror yang kedua adalah sebagai berikut :

cara menginstal moodle di xampp
Eror php_extension intl

Jika dipecah menurut pembagian kolom informasi adalah :

  1. Name : php_extension
  2. Information : intl
  3. Report : Intl extension is required to improve internationalization support, such as locale aware sorting and intenational damain names. Artinya : Ekstensi Intl dibutuhkan untuk meningkatkan dukungan inrenasionalisasi, bla bla.
  4. Status : Check – Merah, Artinya – Harus diperbaiki

Sudah jelas bahwa ekstensi php intl harus diaktifkan untuk keperluan sistem internal Moodle. Berikutnya akan ada beberapa eror yang serupa yaitu ekstensi php atau php_extension. Oleh karena itu simak baik – baik cara mengatasi eror php_extension ini pada bagian ini. Caranya cukup mudah, pertama buka kontrol panel XAMPP seperti ketika pertama kali akan menjalankan servis Apache dan MySQL. Kemudian klik tombol Config pada baris Apache dan pilih PHP (php.ini). Tampilan seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Cara membuka file php.ini

Jika di eror sebelumnya tentang database kita mengubah file config.php, maka kali ini kita akan mengubah isi dari file php.ini. Letak file ini sebenarnya adalah di C://xampp/php/php.ini namun karena di tampilan kontrol panel XAMPP sudah tersedia maka langsung saja kita pakai. Oke, sekarang pasti sudah terbuka file php.ini di Notepad. Jika kita lihat akan ada banyak sekali kode program yang merupakan konfigurasi dari PHP di XAMPP. Tidak mungkin kita mengecek satu persatu baris karena akan memakan waktu dan membingungkan juga tentunya.

Bagaimana dengan cepat menemukan apa yang kita cari? Kita gunakan fitur Find di Notepad. Caranya dengan klik menu Edit kemudian pilih Find seperti di bawah ini :

Menggunakan fitur Find di Notepad

Kemudian ketik saja kata atau karakter yang kita cari. Dalam hal ini kita akan mencari INTL, maka ketik saja intl dan klik Find Next seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Mencari karakter dengan Find di Notepad

Nah, langsung ketemu dengan karakter ;extension=intl. Inilah karakter yang kita cari. Cara mengaktifkan sebuah ekstensi di php.ini adalah dengan menghilangkan tanda titik koma yang ada di pojok depan. Catat baik – baik ya, karena ini kunci utama untuk mengaktifkan ekstensi apa saja di php.ini. Oke, tampilan kurang lebih seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Mengaktifkan ekstensi INTL di php.ini

Jika tanda titik koma sudah dihapus, jangan lupa klik menu File – Save untuk menyimpan konfigurasi.

Mengatasi Eror 3 – Php Extension XMLRPC

Tampilan eror yang ketiga ini adalah sebagai berikut :

cara menginstal moodle di xampp
Eror php_extension xmlrpc

Kita coba bahas satu persatu yaitu :

  1. Name : php_extension
  2. Information : xmlrpc
  3. Report : The XMLRPC extension is useful for web services and Moodle networking. Artinya : XMLRPC berguna untuk layanan web dan jaringan Moodle.
  4. Status : Check – Kuning. Artinya -Lebih baik diperbaiki.

Baik meskipun kode warna eror ini Kuning, tapi kita coba perbaiki agar Moodle berjalan maksimal nantinya. Masih sama dengan eror yang kedua yaitu tentang ekstensi PHP. Tentu caranya juga masih sama yaitu cari karakter xmlrpc dengan Find di Notepad kemudian hilangkan tanda titik komanya seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Mengaktikfkan ekstensi xmlrpc di php.ini

Mengatasi Eror 4 – Php Extension SOAP

Masih dengan eror selanjutnya yaitu :

cara menginstal moodle di xampp
Eror php_extension soap

Pembahasannya adalah :

  1. Name : php_extension
  2. Information : soap
  3. Report : Installing the optional SOAP extension is usefull for web services and some plugins. Artinya : Menginstal ekstensi SOAP opsional berguna untuk layanan web dan beberapa plugin.
  4. Status : Check – Kuning. Artinya -Lebih baik diperbaiki.

Langsung saja kita bereskan eror ini dengan cara yang sama persis dengan cara mengatasi eror sebelumnya. Cari karakter SOAP di Notepad kemudian hilangkan tanda titik komanya seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Mengaktikfkan ekstensi soap di php.ini

Mengatasi Eror 5 – Php Setting OPCHACE.ENABLE

Eror ke lima ini sedikit berbeda yaitu :

cara menginstal moodle di xampp
Eror php_setting opchace.enable

Mengapa berbeda? Karena ini adalah tentang PHP Setting bukan Extension. Coba kita kupas terlebih dahulu :

  1. Name : php_setting
  2. Information : opchace.enable
  3. Report : PHP opcode caching improves performance and lowers memory requirements, Opchace extension is recommended and fully supported. Artinya : Caching opcode PHP meningkatkan kinerja dan menurunkan persyaratan memori, ekstensi Opchace direkomendasikan dan didukung sepenuhnya.
  4. Status : Check – Kuning. Artinya -Lebih baik diperbaiki.

Namun tenang saja karena caranya masih tetap sama dengan sebelumnya yaitu cari karakter opchace saja tanpa karakter enable kemudian hilangkan tanda titik komanya seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Mengaktifkan opchace di php.ini

Jangan lupa selalu klik File – Save setelah mengubah konfigurasi ya. Setelah itu Close atau tutup Notepadnya.

Nah, sampai di sini kita sudah membereskan beberapa eror. Bagaimana mengecek apakah eror masih ada atau sudah beres semua? Sebelum mengecek, kita harus menghidupkan ulang atau Restart servis Apache. Ibarat mesin, kita harus matikan terlebih dahulu kemudian hidupkan kembali karena ada pengaturan dan setelan mesin yang baru saja kita ubah. Caranya adalah klik Stop pada baris Apache kemudian kita klik Start kembali seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Restart Apache Service

Nah, setelah Servis Apache sudah berjalan lagi kita coba kembali ke browser dengan tampilan terakhir eror saat menginstal Moodle di XAMPP tadi. Coba kita Refresh/ Reload atau pencet tombol F5 pada keyboard. Apa yang terjadi? Pasti erornya sudah berkurang dan sekarang sudah tersedia tombol Contine seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Eror fix saat instal Moodle di XAMPP

Jika dilihat memang masih ada dua eror yaitu tentang Opchace dan Site not https. Lalu kemana eror yang lainnya yaitu eror ke enam dan tujuh padahal kita belum membereskan eror tersebut? Harunsya masih muncul eror ke enam dan tujuh seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Eror format UTF-8
cara menginstal moodle di xampp
Eror format Barracuda

Eror di atas adalah tentang database. Eror tersebut sudah hilang atau beres karena di awal kita sudah mengubah konfigurasi database yang semula MySQL menjadi MariaDB. Secara otomatis semua pengaturan database sudah mengikuti kaidah jenis database MariaDB, oleh karena itu eror ke enam dan tujuh sudah beres dengan sendirinya. Untuk eror site not https :

cara menginstal moodle di xampp
Eror site not https

Kita tidak perlu khawatir tentang ini karena Moodle kita berada di lokal maka tidak membutuhkan sertifikat keamaan situs atau SSL. Apa itu SSL? akan kita bahas di artikel lain. Kita abaikan dulu eror ini.

Oke meskipun masih ada eror tetapi statusnya adalah Kuning dan tombol Continue nya sudah tersedia maka kita klik Continue saja agar tidak terlalu lama mebahas eror ini. Pada prinsipnya proses menginstal Moodle di XAMPP sudah bia dilanjutkan. Setelah kita klik Continue, tunggu proses Loading untuk beberapa menit. Kemudian akan muncul tampilan Installation dengan banyak indikator warna Hijau seperti di bawah ini :

cara menginstal moodle di xampp
Instalasi sukses Moodle

Kenapa banyak indikator Hijau? Seperti pembahasan di atas bahwa warna hijau adalah tanda bahwa proses yang dilakukan berhasil. Selanjutnya adalah bagian konfigurasi akhir menginstal Moodle di XAMPP. Seperti kisah asmara, perjuangan atau badai adalah bagian ini dan sudah terlewati. Sekarang waktunya untuk menjalani tahap akhir yang tinggal mudahnya saja. hehe

Baik, agar pembahasan tetap fokus per bagian maka tahap instalasi Moodle tahap akhir akan kita lanjutkan di bagian ke empat yaitu Cara Menginstal Moodle di XAMPP (Bagian 4)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *