Apa itu GCP? 6 Tutorial GCP Lengkap!

  • Whatsapp
apa itu gcp tutorial gcp

APPASIH.com – Hallo, apa kabar semua? Semoga dalam keadaan sehat, masih semangat menuntut dan berbagi ilmu ya. Kali ini kita akan membahas tentang Google Cloud Platform (GCP). Apa itu GCP? Pada Tutorial GCP ini akan kita bahas mulai dari dasar, proses pendaftaran, dan penggunaannya

Pemahaman Awal

Apa itu Google Cloud Platform?

Google Cloud Platform (GCP) adalah layanan Cloud Computing dari Google. Apa itu Cloud Computing? Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi. Intinya, Cloud Computing adalah teknologi yang berbasis Cloud atau awan, jadi komputer yang dipakai terletak di sebuah tempat yang tidak diketahui namun saling terkoneksi di jaringan internet seluruh dunia.

Baca Juga:

apa itu gcp tutorial gcp
Cloud Computing

GCP terdiri dari sekumpulan aset fisik, seperti komputer dan drive hard disk, serta sumber daya virtual, seperti mesin virtual (VM), yang terdapat di pusat data Google di seluruh dunia. Setiap lokasi pusat data berada di suatu wilayah. Wilayah tersedia di Asia, Australia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Setiap wilayah merupakan kumpulan zona yang diisolasi satu sama lain di dalam wilayah tersebut.

apa itu gcp tutorial gcp
Google Cloud Platform. Sumber : blog.google.com

GCP sendiri adalah salah satu layanan Cloud Computing yang tersedia di belahan dunia ini. Selain GCP ada beberapa layanan semacam ini seperti Amazon Web Service (AWS), IBM Cloud, Ali Baba Cloud, Huawei Cloud, dan lain – lain. Lalu mengapa di Appasih.com membahas tentang GCP? Karena banyak yang bilang bahwa GCP mempunyai beberapa kelebihan.

Apa Saja Layanan GCP?

Sebenarnya kurang tepat jika GCP disebut sebagai layanan Cloud Computing karena nyatanya GCP menyediakan lebih dari itu. Ada banyak layanan GCP yang disediakan yaitu :

  • Cloud Computing : Compute Engine, App Engine, Kubernetes Engine
  • Storage and Database : Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Storage (No SQL)
  • Big Query : Big Query, Cloud Dataflow, Cloud PubSub
  • Network : Cloud Load Balancing, Cloud CDN
  • Cloud AI : Cloud AutoML, Cloud Translation API, Prediction API

Bagaimana, cukup banyak bukan? Jika item di atas dijelaskan satu persatu akan memakan waktu yang cukup panjang. Penjelasan lebih detail bisa dilihat di Dokumentasi Resmi GCP.

Istilah – istilah Umum Dalam GCP

Ada beberapa istilah umum yang akan banyak dipakai di GCP yaitu :

  • Zone : Zone atau Zona adalah wilayah yang sudah dibagi oleh Google. Pembagian wilayah ini berdasarkan tempat dimana Data Center Google berada. Jadi, Google sudah membuat beberapa Data Center di seluruh penjuru dunia yang terletak di beberapa negara. Data Center ini saling terkoneksi satu sama lain dan terbagi menjadi beberapa wilayah atau Zona/ Zone.
  • Project : Project atau Proyek dapat dikatakan sebagai lembar kerja utama di GCP. Sebelum membuat dan memperoleh layanan apapun di GCP, kita harus membuat sebuah Project terlebih dahulu. Setelah itu baru kita isi Project tersebut dengan berbagai layanan yang ada di GCP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Project adalah lembar kerja atau tempat yang berisi berbagai layanan di GCP.
  • Instance : adalah tempat yang berisi image. Image yang dimaksud disini adalah Image yang berisi Sistem Operasi baik Windows atau Linux. Dalam GCP, sebuah Image berbentuk virtual atau Mesin Virtual (seperti VirtualBox). Sehingga Instance dapat dikatakan adalah tempat yang berisi dan dapat menjalankan sebuah Mesin Virtual. Mesin Virtual berisi Image, dan Image berisi Sistem Operasi.
  • Marketplace : GCP menyediakan layanan yang cukup mudah bagi pengguna yang masih awam yaitu Marketplace. Marketplace adalah tempat untuk membeli berbagai layanan GCP siap pakai. Seperti di PlayStore, ketika kita ingin menggunakan layanan GCP yang siap pakai kita tinggal mencari di Marketplace kemudian membelinya.

Apakah GCP Gratis?

Pertanyaan yang menarik. Saat artikel ini ditulis GCP sudah merubah kebijakannya tentang penggunaan layanan Percobaan atau Trial. Kebijakan ini tentu akan berubah – ubah mengikuti perkembangan. Intinya, GCP memberikan layanan Trial dan tetunya GRATIS. Namun karena ini Trial, maka bersifat sementara.

Sebelum artikel ini ditulis GCP mempunyai kebijakan masa Trial yang dapat diperoleh untuk pengguna baru yaitu kredit sebesar $300 (tiga ratus dollar) dengan masa Trial Satu Tahun. Jadi jika kita mendaftar ke GCP untuk pertama kalinya, kita akan mendapatkan kredit sebesar $300 dan bisa menggunakan layanan tersebut maksimal selama 1 tahun dan atau sampai kredit habis. Cukup menarik bukan? Namun setelah itu ada perubahan kebijakan (saat artikel ini ditulis) yaitu GCP hanya memberikan tenggang waktu pemakaian selama 90 hari dengan jumlah kredit yang diberikan masih tetap sama yaitu $300.

Pendaftaran

Bagaimana, setelah membaca penjelasan di atas apakah berminat mencoba GCP? Langsung saja kita bahas.

Alat dan Bahan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar Google Cloud Platform yaitu :

  • Kartu Kredit atau Debit : GCP adalah layanan dengan lingkup Internasional, oleh karena itu segala transaksi salah satunya bisa menggunakan Kartu Kredit atau Debit yang ber-VISA atau yang bisa digunakan untuk transaksi Internasional seperti MasterCard dan lain – lain. Selain itu, Kartu Kredit atau Debit ini merupakan tanda pengenal yang valid dan diakui di lingkup internasional. Bagaimana jika tidak punya? Ada beberapa alternatif yaitu dengan menggunakan Kartu Jenius.
  • Laptop / PC / Smartphone : Jelas bahwa alat inilah yang digunakan untuk segala proses pendaftaran
  • Koneksi Internet : Tanpa koneksi internet, kita akan mati gaya gaess.

Baik, itu saja hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar Google Cloud Platform. Bagaimana proses pendaftarannya? Kita lanjutkan di artikel selanjutnya tentang Cara Daftar GCP Dengan Jenius.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *