Bagaimana Membuat Kursus di Moodle

  • Whatsapp
membuat kursus di moodle

APPASIH.com – Setelah memahami tentang Pondasi Awal Moodle di artikel sebelumnya kita akan melanjutkan pembahasan Moodle tentang Bagaimana Membuat Kursus di Moodle. Tahapan setelah memahami Moodle bagian dasar adalah Membuat Kursus di Moodle. Tahapan ini adalah tahap langsung praktik mengoperasikan Moodle. Sehingga sangat disarankan untuk membaca artikel sebelumnya tentang Panduan Moodle untuk Guru dan Administrator agar pada tahap ini tidak bingung dengan istilah – istilah di Moodle.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas dan disepakati bahwa istilah Kursus atau Course di Moodle merupakan perwujudan dari Mata Pelajaran. Sehingga artikel ini sama saja dengan pembahasan Bagaimana Membuat Mata Pelajaran di Moodle.

Peralatan

Peralatan yang dipakai pada artikel ini adalah :

  1. Versi Moodle : 3.10
  2. Tema Moodle : Boost

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat kursus di Moodle adalah sebagai berikut :

Login Terlebih Dahulu

Silakan masuk ke situs Moodle masing – masing. Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang Cara Install Moodle di Cpanel Hosting kita sudah berhasil menginstal dan mempunyai situs Moodle yang siap dipakai. Kita pakai situs ini untuk praktik. Untuk melakukan Login, klik Login pada bagian kanan atas, tampilan seperti di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Tampilan Dashboard Moodle

Isi dengan Username dan Password yang sudah dibuatkan oleh Admin kemudian klik Login :

membuat kursus di moodle
Login ke Moodle

Setelah Login akan tampil Dashboard Moodle. Klik Site Administration – Course – Manage courses and categories :

membuat kursus di moodle
Mengatur Category di Moodle

Cek Kategori

Seperti yang kita tahu bahwa Kursus/ Course/ Mata Pelajaran (selanjutnya disebut Kursus) ada di dalam Kategori/ Category/ Loker Guru atau Pengajar. Singkatnya, Mata Pelajaran disimpan dalam Loker Guru atau Pengajar karena seorang Pengajar bisa saja mengajar beberapa Mata Pelajaran. Sehingga harus dikelompokkan atau disimpan di dalam loker agar rapi.

Nah, oleh karena itu sebelum membuat kursus harus di cek terlebih dahulu sudah ada Category Kategori/ Loker Pengajar (selanjutnya disebut Kategori) yang dimaksud apa belum. Karena biasanya Kategori dibuat oleh Admin yang mengelola Moodle.

Setelah proses sebelumnya dilakukan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Halaman Category di Moodle

Tampilan di atas adalah tampilan Moodle yang masih fresh atau belum diolah. Dapat dilihat, belum ada Kategori dengan nama pengajar. Kategori yang ada baru Miscellaneous, ini adalah Kategori bawaan Moodle. Moodle yang sudah diolah biasanya sudah tersedia Kategori dengan nama pengajar masing – masing. Nah karena belum ada, kita buat dengan Kategorinya dengan Klik Create new category. Namun sebelum itu kita bahas satu persatu dari tampilan di atas yaitu :

  1. Kotak Hijau (Course Category) adalah blok yang berisi kumpulan Kategori beserta alat – alat konfigurasinya.
  2. Kotak Orange adalah nama kategori yang sudah ada. Pada tampilan di atas Kategori yang sudah ada baru satu yaitu Miscellaneous.
  3. Kotak Biru adalah blok Nama Kategori yang dipilih dari Kotak Hijau (Course Category) dan berisi kumpulan Course/ Kursus. Pada tampilan di atas bernama Miscellaneous karena yang di klik dari Course Category adalah Kategory Miscellaneous maka otomatis namanya mengikuti Kategori yang dipilih. Selain itu, belum ada Course/ Kursus di dalam Kategori Miscellaneous sehingga tidak ada isi apa – apa di blok Kotak Biru di atas.

Buat Kategori

Oke kita buat Kategori baru dengan dengan Klik Create new category (Kotak Merah) karena Kategori yang kita inginkan belum ada. Jika sudah ada maka tinggal Klik saja nama Kategori kemudian dilanjutkan dengan membuat Course/ Kursus. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Membuat Course di Moodle
  1. Klik tombol Close (x) pada bagian Miscellaneous sebelah atas. Untuk apa? Agar Kategori yang kita buat tidak masuk ke dalam sub Kategori dari Miscellaneous.
  2. Isi nama Kategori yang diinginkan pada bagian Category Name
  3. Klik Create category untuk membuat Kategori.

Jika berhasil maka Kategori yang dibuat sudah muncul di blok Course Category (kotak orange) :

membuat kursus di moodle
Membuat Course di Moodle

Buat Kursus/ Mata Pelajaran

Untuk membuat Kursus/ Course klik Create New Course (kotak merah) tampilan di atas. Selanjutnya akan tampil halaman pengaturan untuk Course/ Kursus. Ikuti panduan di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Membuat Course di Moodle
  1. Course full name : isi nama panjang Kursus/ Course/ Mata Pelajaran disini. Bagian ini wajib diisi.
  2. Course short name : isi nama pendek Kursus/ Course/ Mata Pelajaran disini. Isian pada bagian ini tidak boleh sama dengan Course short name yang sudah ada atau pernah dibuat namun boleh sama dengan Course full name di atasnya. Bagian ini wajib diisi.
  3. Course category : adalah tempat Kursus diletakkan. Disini muncul Appasih.com, artinya kursus yang akan dibuat diletakkan di dalam Loker atau Kategori Appasih.com. bahasa yang lebih mudah adalah pengajar yang mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia X adalah Appasih.com. Jika ingin meletakkan di Kategori lain maka bisa klik pada kolom Search di bawahnya dan cari nama Kategori yang diinginkan.
  4. Course start date : adalah tanggal kursus dimulai. Kita bisa mengatur kapan kursus akan dimulai disini.
  5. Couse end date : adalah tanggal kursus ditutup atau diakhiri. Kita bisa mengatur kapan kursus akan diakhiri disini. Namun kali ini tombol Enable tidak dicentang atau fitur ini tidak digunakan. Mengapa? Agar siswa dapat mengakses mata pelajaran ini kapan pun. Bagaimana jika ingin membatasi siswa agar tidak bisa mengakses Mapel ini sampai tanggal tertentu? Akan kita bahas di artikel selanjutnya.
  6. Description : isi deskripsi singkat tentang Kursus/ Course/ Mata Pelajaran disini. Bagian ini tidak wajib diisi.
  7. Course image : unggah gambar untuk Kursus disini. Bagian ini tidak wajib diisi. Namun jika ingin diisi maka langkahnya adalah :

Pastikan sudah ada gambar yang akan diunggah. Selanjutnya tinggal Drag and Drop ke bagian Course image seperti di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Memasukkan Gambar ke Kursus

Dengan demikian gambar sudah terunggah :

membuat kursus di moodle
Membuat Kursus di Moodle

Untuk bagian Course Format dan lain – lain akan kita bahas di artikel lain. Kali ini kita akan mengikuti pengaturan standar dari Moodle terlebih dahulu.
Save and Return adalah tombol yang digunakan untuk menyimpan pengaturan Course dan kembali ke halaman Category. Selanjutnya klik Save and Display untuk menimpan pengaturan Course dan menuju pengaturan selanjutnya.

Enroll User/ Siswa

Proses selanjutnya adalah Enroll. Proses ini adalah mendaftarkan User/ Siswa ke dalam Kursus/ Mata Pelajaran yang kita buat. Proses inilah yang nantinya akan membedakan tampilan di Siswa setelah proses Login. Siswa akan mendapatkan tampilan yang berbeda dengan siswa lain yang berbeda kelas atau tingkat. Karena masing – masing siswa sudah didaftarkan di Kursus/ Mata Pelajaran yang berbeda oleh Guru/ Pengajar.

membuat kursus di moodle
Enroll User di Kursus

Tampilan yang muncul setelah proses sebelumnya (Save and display) adalah tampilan Enroll atau Participant. Dapat dilihat, ada tulisan Nothing to display (kotak orange) artinya belum ada partisipan satu pun di Mata Pelajaran yang sudah kita buat. Untuk mendaftarkan siswa ke Mapel klik Enroll users (kotak merah) seperti di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Enroll User di Kursus

Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Kita bahas satu persatu :

  1. Select users : adalah metode Enroll dengan memasukkan siswa satu persatu melalui kotak Search di bawahnya.
  2. Select cohorts : adalah metode Enroll dengan memasukkan Cohorts atau Kelas melalui kotak Search di bawahnya. Metode ini cukup efisien karena kita tidak perlu mendaftarkan siswa satu persatu, cukup dengan mendaftarkan Cohorts/ Kelas maka siswa yang masuk dalam kelas tersebut otomatis terdaftar. Dari mana asal Cohorts? Jelas, jawabannya adalah dari Admin pengelola Moodle. kita sebagai Pengajar/ Guru sudah tinggal pakai saja.
  3. Assign role : adalah penentuan status dari users yang sudah didaftarkan, apakah sebagai guru/ teacher atau siswa/ student
  4. Enroll selected users and cohorts : adalah tombol yang berfungsi untuk menyimpan pengaturan enroll yang sudah dilakukan.

Baik karena ini adalah Mapel Bahasa Indonesia X maka sudah jelas bahwa kita akan mendaftarkan siswa tingkat X saja. Ketik pada kotak Search bagian Cohorts kemudian ketik “X” dan pilih kelas X kemudian klik Enroll selected users and cohorts untuk menyimpan pengaturan :

membuat kursus di moodle
Enroll User di Kursus

Setelah berhasil mendaftarkan users/ siswa dengan cohorts/ kelas maka tampilan sudah tidak lagi Nothing to display namun sudah muncul daftar nama siswa yang terdaftar di Mapel kita :

membuat kursus di moodle
Hasil Enroll User di Kursus

Selanjutnya untuk melihat Kursus/ Course/ Mapel yang sudah dibuat, klik Nama Mapel pada Toogle sebelah kiri atas. Kemudian akan tampil halaman Kursus/ Course/ Mapel yang sudah dibuat masih berupa Announcements dan Topic 1 sampai 4 seperti di bawah ini :

membuat kursus di moodle
Tampilan Kursus di Moodle

Baik sejauh ini kita sudah berhasil membuat Kursus di Moodle. Bagaimana, cukup mudah bukan? Seperti pada bahasan awal bahwa jika belum kenal Moodle lebih dekat pasti masih menganggap Moodle adalah platform yang rumit padahal sangat powerfull.

Bagaimana dengan pengisian konten di sebuah Kursus/ Course/ Mapel? Akan kita lanjutkan di artikel selanjutnya tentang Mengelola Kursus di Moodle.

 

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *