4 Cara Instal Moodle di Laptop dengan Mudah

  • Whatsapp

APPASIH.com – Halo teman – teman semua, masih semangat membahas tentang Moodle? Kita lanjutin yuk pembahasannya. Kali ini kita akan membahas tentang 4 Cara Instal Moodle di Laptop dengan Mudah. Lumayan banyak cara ya ternyata kalau mau instal aplikasi Moodle. Apakah ini sudah semua? Belum dong, tentunya masih banyak juga cara lain, instal Moodle di Hosting, instal Moodle di Windows atau laptop yang biasa kita pakai. Nah kali kita akan membahas dulu tentang bagaimana instal Moodle di Windows atau laptop atau biasa disebut dengan instal offline, inget ya sistem operasinya Windows. Sedangkan cara instal Moodle di Ubuntu atau linux dan juga secara online nya akan kita bahas di edisi lain.

Setidaknya ada empat cara instal Moodle di laptop. Empat cara ini yang paling sering digunakan atau populer di kalangan pecinta E-Learning yang ingin mencoba atau memakai Moodle dengan mudah. Yuk kita simak bareng – bareng..

Baca Juga:

1. XAMPP

Siapa yang tidak kenal dengan XAMPP, web server yang sudah akrab dan sering dipakai banyak orang untuk menjalankan aplikasi berbasis web di laptop. XAMPP berasal dari projek Apache di mana menyediakan paket berupa web server Apache, dukungan bahasa pemorgraman PHP, Perl, dan database MariaDB (lebih dikenal dengan nama MySQL). Sesuai dengan namanya, orang sering bertanya sebenarnya apa itu XAMPP. Tentu saja ini mempunyai makna yaitu :

  • X : Cross Platform
  • A : Apache
  • M : MariaDB atau MySQL
  • P : PHP
  • P : Perl

Karena dari namanya saja sudah ada istilah Cross Platform, maka sudah bisa ditebak bahwa XAMPP juga tersedia untuk Sistem Operasi selain Windows yaitu Linux dan MAC OS. Sehingga kita bisa menggunakan XAMPP dengan berbagai jenis Sistem Operasi yang kita punya. Hal ini merupakan salah satu kelebihan XAMPP dibanding dengan web server lainnya.

Dengan sofware XAMPP ini, kita bisa menginstal Moodle di laptop kita. Tentu saja setelah proses instalasi berhasil, kita bisa dengan bebas mengolah Moodle seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang Kelebihan Moodle sebaga LMS masa kini. Nah, perlengkapan dan langkah apa saja sih yang dibutuhkan untuk instal Moodle di laptop kita menggunakan XAMPP? Berikut langkah dan kebutuhannya :

  1. File instalasi XAMPP : download terlebih dahulu di situs resmi XAMPP
  2. File instalasi Moodle : download file instalasi atau master Moodle di situs resmi Moodle Download

Nah, bagaimana langkah – langkah instal Moodle di XAMPP? akan kita bahas di artikel selanjutnya.

cara instal moodle di xampp

2. WAMP

Web server yang tidak kalah terkenal adalah WAMPP. Sama seperti XAMPP, web server ini juga merupakan platform open source. Nah, kalau berbicara istilah, hampir mirip dengan XAMPP yaitu :

  • W : Windows OS
  • A : Apache
  • M : MariaDB atau MySQL
  • P : PHP

Pada situs resminya, WAMP juga menyediakan file unduhan dengan dua jenis arsitektur pada umumnya yaitu 32 bit (x86) dan 64 bit (x64). Namun, WAMP hanya tersedia untuk Sistem Operasi Windows. Sesuai dengan namanya ya kan, ada huruf W di awal kata yang berarti Windows. Sama seperti kebutuhan untuk menginstal Moodle sebelumnya, kita hanya perlu dua aplikasi yaitu :

  1. Aplikasi WAMP : dapat diunduh di situs resminya WAMP
  2. File instalasi Moodle : dapat diunduh di situs resminya
cara instal moodle di wamp

3. MAMP

Webserver yang satu ini cukup terkenal, namun di kalangan pengguna Mac OS. Kenapa? karena pada awalnya MAMP memang dikhususkan untuk Sistem Operasi Mac OS. Jadi kalau kita nggk punya PC atau laptop Mac ya nggak bisa mencoba web server ini, cukup sultan lah hehe. Namun, ketika artikel ini ditulis MAMP sudah tersedia untuk Sistem Operasi Windows. Nah untuk OS Windows namanya MAMP sedangkan untuk OS Mac namanya MAMP Pro.

Secara istilah, sebenarnya hampir sama dengan web server lain yaitu :

  • M : My
  • A : Apache
  • M : MySQL atau MariaDB
  • P : PHP

Sehingga kalau dirangkai kurang lebih jadi : My Apache MySQL PHP, agak beda sih dengan singkatan web server lain. Intinya MAMP menyediakan tiga paket seperti WAMPP. Seperti biasa, kita bisa download file instalasinya di situs resminya MAMP.

cara instal moodle di mamp

4. AMPPS

Nah, web server kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Mungkin nama AMPPS belum terlalu familiar. Namun, akhir – akhir ini AMPPS sedang naik daun. Mengapa? salah satunya mungkin karena paket yang ditawarkan lebih banyak dari yang lainnya. Masih dengan web server Apache, AMPPS mendukung paket lebih yaitu : bahasa pemrograman PHP, Perl, Python, database MySQL, dan juga MongoDB. Paket yang cukup menarik seiring dengan perkembangan zaman. Kita tahu bahwa Python dan MongoDB sedang banyak digandrungi para developer karena fleksibilitas dan kegunaannya yang cukup luas.

AMPPS sendiri dapat dikatan Cross Platform karena menyediakan paket instalasi untuk beberapa Sistem Operasi. Pada situs resminya tercantum bahwa AMMPS mendukung untuk Sistem Operasi Windows, MAC OS, dan juga Linux. Bagaimana, cukup menarik bukan?

cara instal moodle di ammps

Baik, sepertinya cukup untuk pembahasan berbagai macam aplikasi untuk instal moodle di laptop. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang dapat digunakan dengan kelebihan dan kekurangan masing – masing. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana Cara Menginstal Moodle di XAMPP

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments